cara cek Google search console verification code tag html ketika nomor verifikasi html tag hilang

Hai, Sahabat Tekno! Apakah Anda memiliki situs web atau blog yang ingin Anda optimalkan dengan Google search console? Jika ya, maka Anda pasti tahu bahwa salah satu langkah penting untuk menggunakan Google search console adalah melakukan verifikasi kepemilikan situs web atau blog Anda. Salah satu cara untuk melakukan verifikasi adalah dengan menggunakan metode tag html, yaitu dengan menambahkan kode verifikasi yang diberikan oleh Google search console ke dalam tagsitus web atau blog Anda. Namun, apa yang terjadi jika Anda kehilangan nomor verifikasi html tag tersebut?

Artikel ini akan membahas cara cek Google search console verification code tag html ketika nomor verifikasi html tag hilang. Anda mungkin kehilangan nomor verifikasi html tag karena beberapa alasan, seperti menghapusnya secara tidak sengaja, mengganti tema atau template situs web atau blog Anda, atau mengalami masalah teknis. Apapun alasan Anda, Anda bisa mengecek kembali nomor verifikasi html tag Anda dengan menggunakan Google search console. Simak terus artikel ini sampai selesai, ya!

Cara cek Google search console verification code tag html ketika nomor verifikasi html tag hilang sebenarnya sangat mudah dan tidak membutuhkan skill khusus. Yang Anda butuhkan hanyalah mengakses Google search console di perangkat Anda, lalu memilih situs web atau blog yang ingin Anda cek, dan melihat nomor verifikasi html tag Anda di bagian metode verifikasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, Anda harus mengakses Google search console di perangkat Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser web di perangkat Anda, lalu kunjungi situs https://search.google.com/search-console/users?resource_id=https%3A%2F%2Fnamaweb.com%2F.
  2. Masuk dengan akun Google yang Anda gunakan untuk mendaftarkan situs web atau blog Anda di Google search console.
  3. Anda akan melihat daftar situs web atau blog yang sudah Anda tambahkan ke Google search console. Pilih situs web atau blog yang ingin Anda cek nomor verifikasi html tag-nya.
BACA JUGA  cara backup whatsapp ke google drive

Kedua, Anda harus memilih situs web atau blog yang ingin Anda cek nomor verifikasi html tag-nya. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Setelah Anda memilih situs web atau blog yang ingin Anda cek, Anda akan melihat halaman utama Google search console untuk situs web atau blog tersebut. Di sini, Anda bisa melihat berbagai informasi dan statistik tentang performa situs web atau blog Anda di mesin pencari Google.
  2. Untuk mengecek nomor verifikasi html tag, Anda harus mengklik ikon roda gigi di pojok kanan atas halaman. Pilih Pengaturan, lalu pilih Kepemilikan.
  3. Di sini, Anda akan melihat daftar metode verifikasi yang sudah Anda gunakan untuk situs web atau blog Anda. Jika Anda menggunakan metode tag html, Anda akan melihat opsi Tag HTML, dengan status Terverifikasi. Di bawah opsi tersebut, Anda akan melihat nomor verifikasi html tag Anda, yang berupa kode alfanumerik yang diawali dengan.

Ketiga, Anda harus menyalin nomor verifikasi html tag Anda dan menempelkannya kembali ke dalam tagsitus web atau blog Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Salin nomor verifikasi html tag Anda dengan mengklik ikon salin di sebelah kanan kode tersebut.
  2. Buka editor situs web atau blog Anda, lalu cari file yang berisi tagsitus web atau blog Anda. Biasanya, file ini bernama index.html, header.php, atau sesuai dengan nama tema atau template yang Anda gunakan.
  3. Tempelkan nomor verifikasi html tag Anda di antara tagdan, sebelum tag . Pastikan Anda tidak mengubah atau menghapus kode lain yang ada di dalam tag.
  4. Simpan dan unggah file yang sudah Anda edit ke server situs web atau blog Anda.

Tanya Jawab Seputar Cara Cek Google Search Console Verification Code Tag HTML Ketika Nomor Verifikasi HTML Tag Hilang

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar cara cek Google search console verification code tag html ketika nomor verifikasi html tag hilang, beserta jawabannya:

BACA JUGA  wordpress or blogger which is best for blogging why

Apakah saya bisa menggunakan metode verifikasi lain selain tag html?

Jawabannya adalah ya. Google search console menyediakan beberapa metode verifikasi lain selain tag html, seperti file HTML, DNS, Google Analytics, Google Tag Manager, dan Google Sites. Anda bisa memilih metode verifikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Namun, jika Anda sudah menggunakan metode tag html, Anda harus tetap menempelkan nomor verifikasi html tag Anda di situs web atau blog Anda, agar Google search console bisa mengenali situs web atau blog Anda.

Apakah saya harus melakukan verifikasi ulang setiap kali saya mengubah situs web atau blog saya?

Jawabannya adalah tidak. Jika Anda sudah melakukan verifikasi dengan sukses, Anda tidak perlu melakukan verifikasi ulang setiap kali Anda mengubah situs web atau blog Anda. Namun, Anda harus memastikan bahwa nomor verifikasi html tag Anda tetap ada di dalam tagsitus web atau blog Anda, dan tidak terhapus atau terganti. Jika nomor verifikasi html tag Anda hilang atau berubah, Anda harus mengecek dan menempelkannya kembali, atau melakukan verifikasi ulang dengan metode lain.

Apakah saya bisa menghapus nomor verifikasi html tag dari situs web atau blog saya setelah saya melakukan verifikasi?

Jawabannya adalah tidak. Jika Anda menghapus nomor verifikasi html tag dari situs web atau blog Anda setelah Anda melakukan verifikasi, maka Google search console tidak akan bisa mengenali situs web atau blog Anda, dan Anda akan kehilangan akses ke berbagai fitur dan informasi yang disediakan oleh Google search console. Jadi, pastikan Anda tidak menghapus nomor verifikasi html tag dari situs web atau blog Anda, kecuali Anda ingin menghapus situs web atau blog Anda dari Google search console.

BACA JUGA  cara menghubungkan google colab ke google drive

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang cara cek Google search console verification code tag html ketika nomor verifikasi html tag hilang. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mengatasi masalah verifikasi situs web atau blog Anda di Google search console. Jika Anda masih mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan lain, Anda bisa menghubungi pusat bantuan Google search console di https://support.google.com/webmasters. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!