cara membuat daftar isi di google docs

Hai, Sahabat Tekno! Apakah Anda sering membuat dokumen panjang di google docs, seperti skripsi, laporan, atau makalah? Jika ya, maka Anda pasti tahu betapa pentingnya memiliki daftar isi yang rapi dan mudah diakses. Daftar isi adalah bagian yang menunjukkan struktur dan urutan dari dokumen Anda, serta memudahkan pembaca untuk menemukan bagian yang mereka cari. Namun, bagaimana cara membuat daftar isi di google docs yang otomatis dan terupdate?

Artikel ini akan membahas cara membuat daftar isi di google docs dengan mudah dan cepat. Anda tidak perlu repot-repot menulis daftar isi secara manual, atau mengeditnya setiap kali Anda menambahkan atau menghapus bagian dari dokumen Anda. Dengan menggunakan fitur bawaan dari google docs, Anda bisa membuat daftar isi yang otomatis, terupdate, dan terhubung dengan bagian-bagian dokumen Anda. Simak terus artikel ini sampai selesai, ya!

Cara membuat daftar isi di google docs sebenarnya sangat sederhana dan tidak membutuhkan skill khusus. Yang Anda butuhkan hanyalah mengatur heading dan subheading dari dokumen Anda dengan benar, lalu memasukkan daftar isi di tempat yang Anda inginkan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, Anda harus mengatur heading dan subheading dari dokumen Anda dengan benar. Heading adalah judul dari bagian utama dokumen Anda, seperti Bab, Pendahuluan, Kesimpulan, dan lainnya. Subheading adalah judul dari bagian-bagian di dalam heading, seperti Subbab, Paragraf, Poin, dan lainnya. Anda bisa mengatur heading dan subheading dengan menggunakan menu Format > Paragraf > Heading di google docs. Anda bisa memilih level heading dari 1 sampai 6, sesuai dengan hierarki dokumen Anda. Misalnya, jika Anda membuat skripsi, maka Anda bisa menggunakan heading 1 untuk judul skripsi, heading 2 untuk bab, heading 3 untuk subbab, dan seterusnya.

BACA JUGA  cara download jurnal sciencedirect gratis di Google

Kedua, Anda harus memasukkan daftar isi di tempat yang Anda inginkan. Biasanya, daftar isi diletakkan di awal dokumen, setelah halaman judul dan sebelum pendahuluan. Anda bisa memasukkan daftar isi dengan menggunakan menu Sisipkan > Daftar Isi di google docs. Anda bisa memilih tipe daftar isi yang Anda inginkan, yaitu dengan nomor halaman atau dengan tautan. Jika Anda memilih daftar isi dengan nomor halaman, maka Anda akan melihat nomor halaman dari setiap heading dan subheading di daftar isi Anda. Jika Anda memilih daftar isi dengan tautan, maka Anda akan melihat tautan yang bisa Anda klik untuk langsung menuju ke bagian yang bersangkutan di dokumen Anda.

Ketiga, Anda harus memperbarui daftar isi Anda secara otomatis. Jika Anda menambahkan, menghapus, atau mengubah heading atau subheading di dokumen Anda, maka daftar isi Anda juga harus disesuaikan. Anda tidak perlu mengedit daftar isi Anda secara manual, karena google docs bisa memperbarui daftar isi Anda secara otomatis. Anda hanya perlu mengklik daftar isi Anda, lalu klik tombol Perbarui Daftar Isi yang muncul di pojok kanan atas. Google docs akan memindai dokumen Anda dan memperbarui daftar isi Anda sesuai dengan heading dan subheading terbaru.

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Daftar Isi di Google Docs

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar cara membuat daftar isi di google docs, beserta jawabannya:

Apakah saya bisa mengubah tampilan daftar isi di google docs?

Jawabannya adalah ya. Anda bisa mengubah tampilan daftar isi di google docs dengan menggunakan menu Format > Daftar Isi di google docs. Anda bisa mengubah warna, ukuran, jenis, dan jarak antara teks di daftar isi Anda. Anda juga bisa mengubah format nomor halaman atau tautan di daftar isi Anda. Anda bisa melihat pratinjau perubahan yang Anda lakukan di daftar isi Anda sebelum Anda menerapkannya.

BACA JUGA  cara membuat umpan balik aksi nyata di google form dengan artificial intelligence (AI)

Apakah saya bisa menambahkan daftar gambar atau daftar tabel di google docs?

Jawabannya adalah tidak. Sayangnya, google docs belum mendukung fitur untuk menambahkan daftar gambar atau daftar tabel di dokumen Anda. Jika Anda ingin menambahkan daftar gambar atau daftar tabel, Anda harus membuatnya secara manual, atau menggunakan aplikasi lain seperti Microsoft Word atau LibreOffice Writer.

Apakah saya bisa menambahkan daftar isi di bagian bawah dokumen di google docs?

Jawabannya adalah tidak. Google docs hanya memungkinkan Anda untuk menambahkan daftar isi di bagian atas dokumen Anda, tidak di bagian bawah. Jika Anda ingin menambahkan daftar isi di bagian bawah dokumen Anda, Anda harus menggunakan aplikasi lain seperti Microsoft Word atau LibreOffice Writer.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang cara membuat daftar isi di google docs. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda membuat dokumen panjang di google docs dengan lebih mudah dan rapi. Jika Anda masih mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan lain, Anda bisa menghubungi pusat bantuan google docs di https://support.google.com/docs. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!